Selasa, 15 Desember 2015

BENCANA ALAM BANJIR SUDAH MULAI MUNCUL DI SUKOLILO KAYEN TAMBAKROMO DAN GABUS

Ditulis dan dipostingkan oleh Admin Blog
Para pembaca yang budiman, setelah kemarau yang bekepanjangan panjang. Ini saatnya musim penghujan tiba.Hujan mulai turun. Bencana banjir bandang sudah mulai  muncul di beberapa titik di daerah Sukolilo, Kayen, Tambakromo, Gabus, Winong. yang mana semua daerah tersebut terdapat di Pegunungan Kapur Utara atau Pegunungan Kendeng atau di Pati Selatan Banjir bandang dikarenakan hujan cukup deras di Pegunungan Kendeng tersebut. Hutan dibabat. Hutan menjadi gundul. Batuan diambil untuk ditambang. Struktur tanah bebatuan yang mulai rusak.

Kemungkinan bencana besar akan terjadi bila hancurnya Pegunungan Kapur Utara atau Pegunungan Kendeng : Silakan klik disini

Para pembaca yang budiman, bencana banjir jelas membawa beberapa kerugian. Diantaranya adalah banjir dapat merusak tanaman padi atau palawija yang ada daerah tersebut dan sekitarnya. banjir dapat menenggelamkan barang barang berharga dan menjadikan rumah dan jalan jalan kotor. Para pendiduk yang ada  didaerah banjir akan sulit memperoleh air bersih. Dengan daerah kotor akan memungkinkan terjangkitnya wabah penyakit.

Para pembaca yang budiman. Coba kita dari Pati ingin pergi ke Solo atau Jogja lewat Purwodadi, setelah kita sampai di Sukolilo (daerah perbatasan Pati Purwodadi) kita akan sangat sedi karena hutan dibabat alias digundul. Tidak hanya itu, keprihatinan kita bertambah ketika kita melihat perbukitan atau Pegunungan Kendeng ditambang di beberapa titik untuk diambil batuan, tahah atau phospat alamnya. Hal yang demikian akan sangat berbahaya. Lihat begitu hujan deras turun beberapa jam diatas bisa dipastikan banjir bandang akan terjadi di daerah Sukolilo, Kayen, Tambakromo dan sekitarnya. Kita tidak dapat membayangkan berapa besar banjir bandang yang akan terjadi bila hujan deras turun terus menerus didaerah tersebut hingga 12 jam, sehari, sehari semalam dan seterunya. Bila hal ini terjadi mungkin tidak hanya harta yang menjadi korban tetapi juga nyawapun bisa melayang.

Bila pengerukan Pegunungan Kendeng terus dilakukan makan kemungkinan terparah adalah:
1. Hilangya Ratusan Mata Air Raksasa Pegunungan Kendeng: Mata Air Raksasa 
2. Terbukanya Bendungan terbesar di Pulau Jawa : Bendungan Terbesar Di Pulau Jawa
3. Tenggelamnya Pati Selatan : Mitos Pegunungan Kendeng

Adalah sudah saatnya para pembaca adanya usaha usaha untuk menanggulangi bencana tersebut atau paling tidak mengurangi bencana. Menurut pendapat penulis ada beberapa hal yang perlu dilakukan.
1. Stop/ hentikan penambangan Pegunungan Kendeng, baik itu penambangan liar atau penambangan untuk pabrik semen.
2. Reboisasi atau penanaman hutan kembali. Hutan yang gundul atau yang sengaja dibuat gundul perlu ditanami kembali.
3. Pemerintah perlu menerbitkan aturan untuk perlindungan Pegunungan Kendeng.

Para pembaca, adalah pilihan kita. Bencana mau terus berlangsung atau mau dihentikan. Semoga posting ini bermanfaat untuk kebaikan masyarakat yang berada di kawasan Pegunungan Kendeng atau Pati Selatan.

0 komentar:

Posting Komentar