Senin, 09 Februari 2015

Bendungan Alam Terbesar Di Pulau Jawa Tersembunyi Di Pegunungan Kendeng

Ditulis dan dipostingkan oleh Penulis.
Para pembaca Blog Pegunungan Kendeng yang berbahagia. Pegunungan Kendeng merupakan Bendungan Alam tersembunyi terbesar  di Pulau Jawa. Bila para pembaca tidak percaya? Silakan kita perhatikan  Bendungan Gajahmungkur yang ada di Wonogiri, Bendungan Kedung Ombo yang ada di Grobogan, airnya dialirkan untuk pertanian di wilayah sekitarnya.

Bendungan Alam Terbesar di Pulau Jawa  yang tersembunyi di Pegunungan Kendeng. Coba kita perhatikan banyaknya yang mengalir sepanjang tahun yang keluar  dari kaki Pegunungan Kendeng dengan banyaknya  Mata Air Mata Air Raksasa Pegunungan Kendeng. 

Sebagaimana air yang dikeluarkan melalui Mata Air Mata Air Raksasa oleh Allah SWT diatur secara alamiah dalam debit yang demikian besar. Dikarenakan air yang dikeluarkan demikian jernih sehingga ribuan penduduk di wilayah Pegunungan Kendeng telah memanfaatkan untuk keperluan sehari hari. Mereka memenfaatkan air tersebut untuk memasak, mandi, mencuci pakaian, memberi minum ternak, mencuci kendaraan dan sebagian besar dialirkan ke sawah-sawah untuk pengairan tanaman pertanian. Ribuan hektar tanah pertanian telah terairi air yang keluar dari Pegunungan Kendeng sejak ratusan tahun lalu. Air telah dimanfaatkan untuk kebutuhan sehari-hari dan kebutuhan pertanian. Tak terhitung berapa besar jumlah air yang telah dimanfaatkan. Yang menjadikan luar biasa adalah para petani dan penduduk setempat tak mengeluarkan biaya pembelian air tersebut, Mereka hanya mengeluarkan sedikit uang untuk pembenahan saluran atau mengganti selang yang rusak.

Coba kita hitung, berapa jumlah besar air yang telah dikeluarkan oleh Pegunungan Kendeng. Ada sekitar 300 Sumber Air Raksasa di Pegunungan Kendeng. Kalau misalnya setiap mata air mengeluarkan air bersih 50 cm kubik per detik maka akan didapatkan : 300 x 50 cm kubik per detik. Luar biasa besarnya. Oleh karena itu air yang dikeluarkan per detik dari Pegunungan Kendeng akan lebih besar bila dibandingkan dengan air yang dikeluarkan per detik dari Bendungan Gajah Mungkur atau Bendungan Kedung Ombo maka dengan demikian dapat disimpulkan bahwa Pegunungan Kendeng yang terdapat di Kudus,Pati,Grobogan,Rembang,Blora adalah merupakan Bendungan Alam terbesar yang ada di Pulau Jawa. 

Oleh karena itu, penulis sangat prihatin sekali dengan adanya usaha usaha pengahncuran Pegunungan Kendeng dengan akan didirikan Pabrik Semen yang tentu akan menghancurkan Pegunungan Kendeng. Keprihatinan selanjutnya adalah pengerukan Pegunungan oleh sebagian warga untuk diambil padas dan pupuk posspat alam. Dengan rusak dan hancurnya Pegunungan Kendeng maka Bendungan Alam yang terbesar di Pulau Jawa tersebut juga akan terancam musnah.  Silakan klik posting : Bencana Besar mungkin Akan Terjadi  Bencana kekeringan dan kelaparan tentu akan menunggu disekitar Pegunungan Kendeng. Mengapa? Bila tak ada air tak ada pertanian dan peternakan. Bila tak ada pertanian dan peternakan bahaya kekeringan dan kelaparan yang ada. Oleh karena itu, kita semua berharap agar para Pemangku Kebijakan di daerah tersebut akan berfikir seribu kali untuk mengeksploitasi Pegunungan Kendeng.. 

Alam yang telah diciptakan oleh Allah SWT yang telah memberi kita kehidupan sebaiknya tetap kita lestarikan dan kita olah untuk kemakmuran bersama bukan untuk dihancurkan untuk kepentingan pemilik modal besar. Apapun alasannya Bendungan Alam  tersbesar di Pulau Jawa yang ada di Pegunungan Kendeng seharusnya kita pertahankan dan kita lestarikan.

Inilah sebagian kecil gambar dari fakta tersebut bahwa Pegunungan Kendeng adalah merupakan Bendungan Alam terbesar di Pulau Jawa :
Mata Air Misik Sukolilo
Air Mengalir Jernih dari Goa Pancur Jimbaran Kayen Untuk Pertanian
Curug Tadah udan Sukolilo
Penampungan Air Bersih Untuk Kebutuhan sehari hari
Karena Jernihnya Air Yang keluar dari Goa Wareh dimanfaatkan untuk mencuci pakaian
Penampungan Air untuk Persediaan di Desa Jimbaran Kayen
Segarnya Mandi Di Penampungan Air di Wilayah Pegunungan Kendeng
Alhamdulillah....Kami masih dapat mandi gratis dari air Pegunugan Kendeng
Mata Air Ndodo Jimbaran Kayen


2 komentar: