Kamis, 08 November 2012

FUNGSI HUTAN PEGUNUNGAN KENDENG

Air bersih yang melimpah dikelola
warga untuk kebutuhan hidup
Air ini gratis,,,,,,,,,,,,,,
Hutan jati dan tanaman keras lain yang ada di kawasan Pegunungan Kendeng/Pegunungan Kapur Utara membawa manfaat yang sangat besar bagi penduduk di wilayah sekitar dan negara. Akar-akar jutaan pohon jati dan tanaman keras lainnya dari daerah pegunungan menyerap dan menyalurkan air hujan ke dalam tanah atau bebatuan. 

Karena sifat kawasan karst, air yang masuk melalui akar tersebut diserap melalui rekahan-rekahan bebatuan kapur melalui sungai sungai bawah tanah dan sebagian yang lain disebarkan melalui jutaan mata air dalam tanah yang memungkinkan tersedianya air tanah di musim hujan atau kemarau pada wilayah kawasan di sekitar Pegunungan Kapur Utara. Daun-daun yang sudah tua dan mengering yang berasal dari jutaan pohon jatuh ke tanah dan membusuk dan akhirnya busuknya dedaunan tersebut menjadikan Tanah di Pegunungan Kapur Utara dan di sekitarnya menjadi daerah yang subur karena tersedianya pupuk alam tersebut. 

Dengan terdapatnya jutaan hingga miliaran tanaman dan tumbuhan di wilayah Pegunungan Kapur Utara maka menjadikan wilayah kehutanan tersebut sebagai tempat tinggal dan sebagai habitat berbagai macam satwa atau binatang. Ribuan burung yang ada diwilayah tersebut sedikit banyak telah membantu ribuan petani agar tanaman padi atau jagung tidak dimakan oleh berbagai macam serangga yang sangat merugikan. Hal ini disebabkan karena burung-burung tersebut memakan ulat atau jenis hama lainnya. 

Negara dan masyarakat sekita pegunungan tersebut telah mengusahakan penanaman beraneka macam pohon terutama jutaan pohon jati di wilayah tersebut dan telah mengambil kayunya sebagai salah satu pemasukan keuangan negara. Rakyat sekitar pegunungan juga menanam jutaan pohon jati di tanah hak milik mereka sendiri sebagai tanaman hutan rakyat. Tidak hanya sebagai penyedia air dalam tanah yang melimpah dan penyedia kayu untuk bahan bangunan saja, tetapi dengan adanya jutaan pohon-pohon jati dan tanaman keras lain yang berada di wilayah Pegunungan Kapur Utara atau Pegunungan Kendeng Utara menjadikan wilayah-wilayah di kawasan pegunungan tersebut menyebabkan tersedianya oksigen yang cukup untuk jutaan manusia dan hewan yang ada di daerah pegunungan tersebut dan daerah-daerah di sekitarnya. 

Dengan tersedianya cukup oxygen di kawasan Pegunungan Kapur Utara menjadikan kawasan karst Sukolilo dan Kayen termasuk daerah yang segar dan daerah yang tidak terlalu panas. Dengan lestarinya alam kawasan karst Sukolilo, Kayen, Tambakromo pada kususnya dan Pegunungan Kapur Utara pada umumnya dan secara tidak langsung akan bermanfaat untuk mengurangi pemanasan global. (Ditulis Oleh P Damin)

0 komentar:

Posting Komentar